Apa itu Hyperacusis

Hiperakusis atau Hiperakusis adalah kondisi yang mempengaruhi kepekaan kita saat mendengar bunyi suara. Orang dengan hiperakusis akan memiliki kepekaan terhadap suara yang lebih tinggi dari orang normal, sehingga beberapa suara akan terdengar tidak nyaman pada telinga atau bahkan terasa sakit. Bagi orang dengan hiperakusis suara-suara biasa seperti suara tangisan anak kecil, suara piring cucian, alat masak, ataupun suara-suara keras bisa terdengar akan terdengar tidak nyaman.

Mekanisme Terjadinya Hiperakusis

Terdapat definisi dan kondisi yang kompleks mengenai hiperakusis. Pengelompokan jenis hiperakusis dilakukan berdasarkan presentasi klinis (gejala atau tanda-tandanya). Salah satu tipe hiperakusis yang umum yaitu loudness hyperacusis, di mana suara terdengar lebih nyaring ditelinga. Untuk menjaga sensitivitas pada range intensitas suara, syaraf pusat pendengaran melakukan adaptasi kepekaannya terhadap suara yang didengar. Apabila terdapat permasalahan pada mekanisme kontrol adaptasi kepekaan ini, misal adanya hearing loss, keadaan ini dapat menimbulkan peningkatan kepekaan yang berlebihan, yang menghasilkan aktifitas syaraf spontan atau aktifitas syaraf berdasarkan input yang lebih tinggi dari seharusnya, dan memunculkan hiperakusis ataupun tinnitus.

Hiperakusis & Tinnitus

Perawatan Kondisi Hiperakusis

Berbagai kondisi kesehatan dapat menjadi pemicu terjadinya hiperakusis. Konsultasikan kepada dokter ahli THT mengenai kondis hiperkusis yang dialami. Apabila ada kondisi kesehatan tertentu yang ditengarai menjadi penyebab hiperakusis, maka dapat dilakukan pengobatan atau usaha penyembuhan terhadap kondisi kesehatan tersebut. Apabila tidak ada kondisi kesehatan lain yang ditemukan terkait dengan hiperakusis, maka perawatan kondisi hiperakusis bisa dilakukan dengan terapi latihan (retraining therapy). Terapi suara ini bertujuan untuk melatih orang agar terbiasa ataupun dapat beradaptasi dengan suara-suara yang sebelumnya terdengar kurang nyaman.

Selain terapi retraining menggunakan suara, terapi CBT merupakan alternatif terapi yang bisa dilakukan untuk mengatur kondisi emosional orang yang mengalami hiperakusis. CBT dapat membantu sehingga response seseorang terhadap kondisi yang dialaminya menjadi semakin baik.

sumber :

https://www.entandaudiologynews.com/features/audiology-features/post/physiological-mechanisms-of-hyperacusis-an-update

https://en.wikipedia.org/wiki/Hyperacusis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *