Kisah Sukses Tinnitus Glenn Schweitzer

Pengalaman ini merupakan pengalaman tinnitus Glenn Schweitzer.

Glenn Schweitzer mengalami tinnitus sejak kecil, baginya, keheningan (keadaan tanpa suara) adalah suara frekuensi tinggi. Dia tidak tau bahwa orang lain tidak bisa mendengar suara tinnitus yang dia dengar ketika berada di tempat yang sepi.

Pada tahun 2011 Glen di diagnosa penyakit bernama meniere. Meniere adalah kelainan pada telinga bagian dalam yang dapat mengakibatkan vertigo dan kehilangan atau penurunan pendengaran. Sejak mengalami meniere suara tinnitus yang didengar oleh Glenn menjadi suara yang jauh lebih kencang. Baginya suara yang baru ini cukup menganggu dibandingkan dengan suara tinnitus yang sudah biasa dia dengarkan sejak kecil.

Terbiasanya tanpa sengaja

Glenn menggunakan meditasi untuk menghandle stress yang dialami dari diagnosa penyakit meniernya. Namun demikian suara tinnitus yang muncul cukup dirasakan mengganggu meditasi yang dilakukan oleh Glenn.

Pada suatu saat glenn memikirkan ide lain, kalau pada meditasi sebelumnya dia fokus kepada hal tertentu seperti suara nafasnya sendiri, bagaimana kalau dia mencoba fokus ke suara denging yang dia dengar?

Apa yang dilakukan glenn ternyata memberikan hasil, dengan mencoba berfokus ke suara yang dia dengar saat meditasi, glenn justru merasakan bahwa setelah meditasi, tinnitusnya terasa lebih ringan. Tinnitusnya tidak terasa se-mengganggu sebelumnya. Otaknya mulai belajar mengasosiasikan suara tinnitus dengan suasana tenang meditasi. Pengalaman inipun akhirnya membuat gleen terbiasa dengan tinnitusnya, walaupun dia masih memiliki tinnitus.

Catatan :
*Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi tinnitus, apa yang dilakukan glenn dengan meditasi dapat membuatnya mengenali suara tinnitusnya hingga dia mampu mengasosiasikan suara tinnitusnya dengan situasi yang nyaman. Namun demikian, ada juga orang lain yang tidak merekomendasikan pendekatan yang dilakukan oleh glenn. Bagi sebagian yang lain, alih-alih berfokus ke suara tinnitus, lebih baik untuk berfokus ke hal-hal lain yang lebih penting yang bisa dilakukan. Membaca banyak tips dan mencoba strategi tertentu adalah salah satu cara untuk menemukan metode yang cocok bagi masing-masing orang. Semoga kamu dapat menemukan metode yang cocok yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi atau menghadapi tinnitusmu ya

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52726-My-accidental-triumph-over-tinnitus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *