Kisah Sukses Tinnitus Nico

Hallo siapa namamu? Boleh tau juga berapa usiamu?

Nico, 40 thn

Bisa ceritakan sedikit kondisimu? Berapa lama kamu kena tinnitus? Gejala apa yang kamu rasakan? Apakah suaranya muncul terus menerus atau seperti apa?

Sy pertama kali kena tinnitus di thn 2016, low volume, kmdn di awal juni 2019 volume sebelah kiri tiba2 makin kencang, suara yg sy dengar suara mendenging dan non stop 24/73

Bagaimana kejadian awal kamu merasakan tinnitus? Apakah ada hal khusus yang mengakibatkannya? Apakah kamu bisa menceritakan (atau menebak) penyebabnya?

Tidak ada hal khusus yg sy bs pastikan..tp kalo utk menebak kemungkinan tinnitus sy dipicu faktor stress dan kurang tdr

Bagaimana tinnitus ini mempengaruhi kehidupanmu pada awal terkena? Apa dampak yang kamu rasakan saat itu?

Yg low volume 3 thn lalu tdk terlalu mengganggu dan saya dpt beradaptasi dgn cepat, tetapi yg awal juni yg saat volume bertambah kencang, sangat mengganggu sekali, sekitar 2 bulan sy mengalami stress, susah tidur dan gelisah setiap hari

Apakah kamu telah memeriksakan kondisimu? Kepada siapa saja kamu memeriksakan kondisimu? Langkah perawatan atau hal apa saja yang mereka tawarkan?

Sy konsultasi ke dokter tht dan hanya di sarankan utk terima kondisi, kemudian mri kepala dgn hasil bagus, konsultasi psikiater utk menangani stress saya dan juga ke dokter spesialis akupunktur utk trial akupunktur sbg terapi alternatif

Apakah kamu mencoba perawatan alternatif, perubahan pola makan (diet) atau perubahan gaya hidup? atau mencoba metode perawatan lain yang tidak ditawarkan oleh dokter? Apakah kamu merasa langkah ini cukup berhasil?

Saya mencoba akupunktur dan herbal cina, juga mengurangi konsumsi garam dan gula, tp hasil nya tdk konsisten, kdg T nya mengecil tp kadang tidak ada efek

Pernahkah kamu melakukan sesi konseling atau terapi? Pernahkan kamu melakukan terapi suara tinnitus (TRT) atau terapi psikologis (CBT) secara khusus? Apakah terapi ini cukup efektif?

Saya bbrp x konseling ke psikiater tp tidak sampai menjalani TRT ataupun CBT

Bagaimana akhirnya kamu mulai bisa menghadapi tinnitus? Apakah kamu merasakan bahwa sekarang kamu bisa menghadapi tinnitus dengan lebih baik dari pada saat awal kamu terkena? Apa dampak tinnitus kehidupanmu sekarang?

Saya mulai bisa menghadapi tinnitus setelah membaca tentang mindfulness practices dan latihan meditasi setiap hari, hasil nya sangat baik, sy saat ini bisa menerima kondisi saya dan juga tdk lagi terpengaruh oleh tinnitus sy, walaupun tinnitus tetap ada dan berfluktuasi bunyinya , sy juga sdh berhenti mengkonsumsi obat anti cemas and obat bantu tidur yg diresepkan psikiater

Akhir-akhir ini apa yang kamu lakukan untuk mengelola atau tinnitusmu? Apa yang kamu lakukan kalau merasakan tinnitus yang memburuk?

Sy masih rutin meditasi setiap hari dan juga mencoba menjaga pola hidup sehat/ lebih baik

Apakah kamu percaya saat ini ada cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan tinnitus? Apakah ada hal lain yang ingin kamu sampaikan atau ceritakan?

Mungkin di masa depan bisa akan ada terapi yg efektif untuk tinnitus, tetapi karena faktor penyebab tinnitus sangat bervariasi , blm tentu satu terapi yg efektif tadi bisa mengobati semua kondisi tinnitus, tapi saya tetap berharap bisa ada solusi terbaik untuk kita semua

Kisah Sukses Tinnitus Nico

Disclaimer :

Setiap cerita di blog ini merupakan pengalaman personal masing-masing kontributor. Pengalaman personal tidak dapat serta merta dijadikan acuan dalam melakukan tindakan yang berkaitan dengan kesehatan. Setiap tindakan yang berkaitan dengan kesehatan hendaknya dikonsultasikan dengan dokter ataupun ahli kesehatan yang memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *