Penanganan Pertama Pada Tinnitus

Tinnitus ada sensasi bunyi di telinga tanpa adanya sumber suara. Bunyi yang terdengar pada umumnya adalah denging di telinga, dengung, ataupun bunyi bising yang lainnya. Bunyi tersebut biasanya akan lebih terdengar jelas di tempat yang sepi. Walaupun ada juga jenis tinnitus yang lebih terdengar di tempat yang ramai. 

Banyak orang (terutama di indonesia) yang tidak tau mengenai kondisi tinnitus dan berharap kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya. Ketidaktahuan ini membuat kebanyakan orang menunggu waktu dari pertama kali terkena tinnitus, hingga memutuskan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter beberapa waktu kemudian. Beberapa case tinnitus memang dapat menghilang dengan sendirinya baik dalam waktu singkat, ataupun dari beberapa testimoni, dalam waktu yang sudah lama. Namun, pada case-case yang lain tinnitus akan tetap terdengar dan tidak menghilang setelah dibiarkan berhari-hari. Sangat penting untuk segera datang ke dokter spesialis THT sebagai penanganan pertama saat terkena tinnitus.

Datang ke dokter spesialis THT/RS spesialis THT merupakan penanganan pertama apabila anda terkena tinnitus. Catat dan deskripsikan dengan jelas kepada dokter hal-hal sebagai berikut :

  • Waktu anda terkena tinnitus. (kapan tepatnya anda merasakan tinnitus)
  • Kondisi anda sebelum terkena tinnitus/hal yang dilakukan (misal setelah naik pesawat, demam flu tinggi, setelah mendaki gunung, atau terkena paparan suara keras, dan lain-lain)
  • Kondisi kesehatan lain yang anda alami bersamaan dengan tinnitus.(apakah anda mengalami pusing atau ada gangguan keseimbangan, apakah anda mengalami penurunan pendengaran, dll)
  • Kondisi kesehatan lain (apakah anda memiliki hipertensi, apakah ada permasalahan pada telinga sebelumnya dll)

Hal-hal di atas dan pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter akan membantu dokter untuk menentukan penanganan yang diperlukan untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *